Skip to content

Sejarah Tulisan – Dari Piktograf hingga Alphabet

January 18, 2013

 

Sejarah Tulisan – Dari Piktograf hingga Alphabet

Ilustrasi sejarah tulisan

Sejarah tulisan ternyata telah terentang sepanjang ribuan tahun. Mula-mula, muncul tulisan dalam bentuk gambar. Bangsa-bangsa kuno yang berperadaban tinggi, seperti bangsa Mesir kuno dan bangsa Maya juga mengenal tulisan yang disebut hieroglif. Saat ini, hampir semua orang di dunia bisa menulis. Orang dapat menuangkan gagasan di atas kertas atau surat elektronik dengan tulisan. Dalam bahasa Inggris, Spanyol, Indonesia, dan banyak bahasa yang lain, huruf, angka, dan tanda baca digunakan untuk menulis. Akan tetapi, sistem ini tidak selalu digunakan dalam tulisan.

Piktograf

Manusia pertama yang mengenal tulisan tidak menggunakan huruf, kata-kata, dan tanda baca dalam tulisan mereka. Ribuan tahun yang lalu, mereka “menulis” dengan membuat gambar yang saat ini disebut piktograf. Para pakar mengatakan piktograf tersebut digunakan untuk menyampaikan informasi kepada orang lain.

Kata “piktograf” diturunkan dari kata dalam bahasa Inggris “pictograph”. Akar kata “pictograph” adalah “pict” dan “graph”. “Pict” merupakan kata dalam bahasa Latin untuk picture (gambar). Sementara “graph” merupakan kata dalam bahasa Yunani yang artinya tulisan. Piktograf merupakan simbol. Kadang-kadang piktograf mewakili keseluruhan kata, tetapi kadang-kadang hanya mewakili suku-suku kata, atau bagian-bagian kata. Ribuan tahun lalu, bangsa Sumeria kuno menemukan salah satu bentuk piktograf. Dalam bahasa Sumeria kuno, ti berarti “panah”. Ti (atau til) juga berarti “kehidupan”. Karena itu, orang Sumeria menggunakan simbol panah untuk kedua kata tersebut.

Hieroglif

Ribuan tahun lalu, bangsa Mesir kuno juga menemukan cara penulisan mereka sendiri yang disebut hieroglif. Mereka kadang-kadang menempatkan dua atau lebih gambar untuk “menuliskan” sebuah kata. Selama bertahun-tahun, tidak ada orang yang dapat membaca hieroglif bangsa Mesir kuno. Kemudian, pada 1822, seorang berkebangsaan Prancis bernama Jean-François Champollion mulai menyingkap makna hieroglif. dia bekerja dengan tekun selama bertahun-tahun, dan akhirnya dia berhasil menerjemahkannya.

Ternyata, sebuah hieroglif kadang-kadang merupakan sebuah kata. Akan tetapi, ada juga hieroglif yang hanya mewakili suatu bunyi. Hieroglif kadang juga dikombinasikan untuk membentuk sebuah kata. Bangsa Maya kuno di Meksiko juga menggunakan hieroglif. Beberapa hieroglif Maya mewakili keseluruhan kata. Beberapa yang lain mewakili bunyi atau suku kata.

Penulisan dengan Alfabet

Saat ini, sebagian besar sistem penulisan menggunakan alfabet. Alfabet adalah daftar sejumlah huruf yang digunakan untuk menulis dalam sebuah bahasa. Tidak semua bahasa menggunakan huruf yang sama. Misalnya, alfabet bahasa Spanyol memiliki huruf ñ. Alfabet bahasa Inggris tidak memiliki huruf ini.

Alih-alih, dalam bahasa Inggris digunakan dua huruf untuk membentuk ñ: n dan y, seperti dalam kata canyon. Jumlah huruf dalam alfabet setiap bahasa berbeda-beda. Alfabet bahasa Inggris, juga bahasa Indonesia, memiliki dua puluh enam huruf. Alfabet Spanyol memiliki dua puluh tujuh huruf. Alfabet Rusia memiliki tiga puluh tiga huruf. Sementara alfabet Korea memiliki dua puluh empat huruf.

Fakta pada Sejarah Penulisan

Penulisan: Sejarah tulisan ini  merangka kembali kpadae sistem penulisan yang berkembang di Zaman Perunggu Awal (alm 4 milenium SM) dari Neolitik proto-menulis. Evolusi tulisan dikatakan telah berevolusi dari proto-menulis yang berarti pesan bergambar / simbol / coretan yang tidak bisa dimaknai. Untuk bisa membuatnya mudah kita akan mengklasifikasikan evolusi menulis ke dalam sub-kategori berikut :

  • Simbol
  • Gua Lukisan
  • Petroglyphs / Rock ukiran
  • Berbagai piktogram
  • Ideogram
  • Penulisan

Penjelasan.

  1. Simbol: Simbol dikembangkan sebagai alat komunikasi yang tidak hanya memastikan pemahaman yang lebih baik tetapi juga meningkatkan usia dan panjang dari pesan itu sendiri. Simbol bahkan masih menjadi bagian inheren dalam hidup manusia hingga saat ini. Simbol secara khusus juga di pelajari dalam ilmu mengenai tanda dan simbol, baik yang iconik, maupun dalam bentuk struktur. Misalkan teori signifikasi tentang penanda dan petanda dari Rolland Barthes.
  2. Gua Lukisan: lukisan gua Paleolitik, yang merupakan jenis seni batu adalah simbol tertua. Homo sapiens ‘pertama retak di mengkomunikasikan informasi sedang melukis. Lukisan gua tertua yang diketahui adalah bahwa dari Gua Chauvet terhitung tanggal pastinya kembali ke 30.000 SM. Lukisan gua awal ini memastikan adanya semacam peradaban yang evolutif dari cara manusia berkomunikasi dengan sesamanya.
  3. Petroglyphs: Petroglyphs hanyalah ukiran batu. Ini Petroglyphs merujuk tanggal nya kembali pada 10.000 SM, ketika-Homo sapiens telah diketahui telah mengakuisisi seni ukiran dengan membuat sayatan atau ukiran pada permukaan batu. Ada kasus dari ukiran kayu dan bahkan tato di seluruh badan.
  4. Berbagai piktogram: pictographs adalah langkah berikutnya dalam evolusi menulis. Salah satu fitur menonjol yang memisahkan petroglyphs dari pictograms adalah bahwa petroglyphs hanya menggambarkan satu aktivitas, tetapi pictograms menceritakan sebuah cerita tentang acara tersebut dan karenanya dapat digunakan untuk menyampaikan kronologi beberapa peristiwa. Berbagai piktogram telah terlihat dalam berbagai sejarah kebudayaan kuno sejak sekitar 9000 SM, piktogram memperlihatkan ciri konsisten dalam rangka menjelaskan banyak hal. Para pictograms memberi jalan untuk evolusi Cuneiform script, yang dianggap sebagai bentuk paling awal dari ekspresi tertulis.
  5. Ideogram: ideogram adalah suatu versi lanjutan dari piktogram tersebut. Ini adalah simbol visual atau grafis yang mewakili ide. Beberapa komunitas di seluruh dunia datang dengan ideogram bervariasi untuk mewakili ide-ide sebanyak mungkin, namun, seperti ide-ide seperti ekspresi emosi bersifat universal di alam, sehingga adalah ideogram banyak mengungkap ciri manusia dengan ekspresina di masa itu. Ideogram adalah sumber awal untuk sebagian besar sistem penulisan logographic seperti script di Cina. Karena bahasa di bentuk dari penggambaran ide ide, tentang bagaimana sifat garis, tentang bagaimana keterwakilan manusia dalam tulisan.
  6. Penemuan sistem penulisan pertama seharusnya identik dengan awal Zaman Perunggu di Neolitik akhir milenium ke-4-an SM. Sistem penulisan pertama konon diciptakan pada rezim Sumeria selama abad 20 SM atau 21, pada milenium ke-3-an berkembang menjadi script paku runcing kuno. Sistem ini sudah baku, bahkan memuat adanya gagasan penuh tentang hukum yang di terapkan di masa itu.
  7. Perkembangan Mesir hieroglif juga analog dengan script Mesopotamia. Sistem proto-simbol hieroglif Mesir berkembang menjadi hieroglif kuno oleh 3200 SM dan melek lebih luas oleh milenium ketiga pertengahan, yang saat Teks Piramida. Script Indus dikembangkan selama milenium ketiga, baik sebagai bentuk proto-menulis, atau modus kuno menulis. Script Cina dikatakan berasal independen di sekitar abad 16 SM.
  8. Alphabet: Orang Mesir adalah yang pertama untuk datang dengan sistem abjad sekitar 2700 SM yang terdiri dari 22 hieroglif. Setiap tulisan rahasia dimulai dengan konsonan tunggal bahasa mereka, ditambah vokal (vokal atau tidak) yang harus diberikan oleh pembicara. Pada awalnya, mesin terbang digunakan sebagai panduan untuk pengucapan Logogram, untuk menandai intonasi tata bahasa dan untuk merekam nama-nama asing. Script ini diteruskan kepada peradaban lain dan terinspirasi sistem alfabet yang berbeda seperti huruf Fenisia, script bahasa Arab, Ibrani, abjad Latin, huruf miring, huruf Glagolitic atau huruf Cyrillic.

Dari sinilah lantas manusia setia dengan alphabet. Manusia setia dengan penggambaran tata letak kata dan huruf, yang semakin padat semakin baik, semakin memiliki tanda penurunan semakin rumit, tapi juga semakin menyingkat banyak hal. Dari bahasa muncul dan bertahan pengetahuan dan keunggulan suatu bangsa. Sejarah tulisan, memang sejarah tentang keunggulan.

About these ads

From → Histori

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: