Skip to content

Bangsa Arya

Bangsa Arya

Bangsa Arya adalah bangsa kuno , bangsa pengembara berasal dari …………

Menurut crita pemulung pengetahuan, bangsa Arya adalah salah satu bangsa tertua didunia, berasal dari India Utara dan Iran. Malah menurut Hitler, bangsa Arya adalah bangsa unggulan dan bangsa Jerman merupakan keturunan langsung Bangsa Arya, oleh karena itu Hitler memilih Swastika (salah satu simbol milik Bangsa Arya) sebagai lambang Nazi. Inilah salah satu jawaban yang logis, yang mampu menjelaskan kenapa lambang NAZI sama dengan lambang Agama Hindu

Dalam pengembaraannya , ada diantaranya bergabung dengan bangsa lainnya dan ada pula menjadi asal bangsa tertentu

Bangsa Persia, Persia adalah salah satu suku yang tergolong dalam Bangsa Iran, menggunakan bahasa Persia dan juga mempunyai persamaan dalam kebudayaan dengan bangsa Iran yang lainnya. Bangsa ini mayoritas di Iran dan minoritas di beberapa negara-negara lain seperti Afganistan, Tajikistan, Uzbekistan, Amerika Serikat, Kuwait, Turki, Uni Emirat Arab, Irak dan juga beberapa negara di Timur Tengah
Etnis Persia adalah keturunan Bangsa Arya yang berhijrah dari Asia Tengah ke Iran pada milenium kedua sebelum Masehi (SM).[30][31] Bangsa Arya ini kemudian terpecah dua menjadi bangsa Persia dan bangsa Media dan mereka berasimilasi dengan suku-suku setempat seperti Elam. Dari sini, lahirlah bahasa Persia dan bahasa-bahasa Iran lain. Sumber sejarah tertulis pertama mengenai orang Persia ini ialah prasasti Assyria (834 SM), dan di dalam prasasti itu ada menyentuh tentang orang Parsua (Persia) dan Muddai (Media) Saat itu, orang Asyur menggunakan istilah ‘Parsua’ untuk merujuk kepada suku-suku di Iran. Kemudian orang Yunani mengadaptasikan istilah ini untuk merujuk pada peradaban-peradaban dari Iran. Ketika orang Persia memeluk agama Islam, orang Arab menggelari mereka ‘Fars’ karena abjad ‘P’ tidak terdapat dalam tulisan Arab.
Kawasan Persia kemudian diperintah oleh beberapa kerajaan yang membentuk kekaisaran-kekaisaran yang kuat. Di antara kekaisaran-kekaisaran ini adalah kekaisaran Persia seperti Akhemenid, Parthia , Sassania, Buwaihidah dan Samania. Pemerintahan yang pernah memerintah Persia ialah Seleukus, Ummayyah, Abbasiyyah, Turki Seljuk, Afshariyah dan Qajar.

Bangsa dravida
Arya dalam bangsa sansekerta(di dalam Veda)berarti”Mulia” dan Dravida(Dasyus) menunjukan “wilayah” di India, jadi ke duanya bukan menunjukkan Ras(race)atau bangsa yang selama ini dipahami

Hindu atau sindu adalah sebutan orang-orang gurun/persia? untuk menyebut masyarakat yg mendiami lembah sungai sindu. Masyarakat lembah sungai sindu ini memiliki peradaban yg lebih tua dari weda. mereka sudah memiliki sistim kepercayaan yaitu memuja siwa pasupata dan dewi bumi/ dewi kesuburan. Sebutan Hindu ini mulanya berlaku bagi seluruh masyarakat yg mendiami lembah sungai Sindu, apapun kepercayaannya. Tetapi lama-lama, sebutan hindu akhirnya identik dengan kepercayaan yang mengacu kepada weda.

Bangsa yg mendiami lembah sungai sindu ini peradabannya lebih maju dari bangsa arya yg datang belakangan dengan membawa weda, tepatnya trayi weda.
Bangsa dravida, adalah sebutan buat suku asli yang telah memiliki peradaban metropolis, terbukti dengan jalan kota yg besar dan bangunan-banguna yg megah, sehingga dalam sejarah ditulis bahwa bangsa dravida ini memiliki peradaban kota yang sangat maju, sementara bangsa arya yg datang merupakan bangsa no maden, peradabannya adalah peradaban berburu.

Permasalahannya bukan dengan nama HIndunya, tetapi hindu yang mana yang akan kita jadikan identitas, Hindu urban, hindu, Hindu Bali, Hindu dharma, Hindu nusantara… tidaklah masalah, selama mengacu ke weda maka semua itu akan di
sebut Hindu…tetapi bila tidak mengacu ke weda mereka jelas bukan hindu, seperti halnya di Bali, awalnya para peneliti mengatakan bahwa agama orang bali itu adalah agama tirta, tetapi karena puja / mantranya menggunakan weda sirah, cuplikan mantra dari weda, maka akhirnya tahun 50-an, disebutlah HIndu Bali (pada jamannya sukarno) menjadi Hindu dharma itu setelah tahun 60-an menjelang 70
Jadi dari sejarah, pemberian hindu memang muncul dari tetangga. karena seperti yg didiskusikan , di weda tidak muncul kata Hindu, Siwa dan juga Hyang Widhi

Simak Fakta berikut ini

PERADABAN LEMBAH SUNGAI INDUS

Letak Geografis

· Di sebelah Utara berbatasan dengan China yang dibatasi Gunung Himalaya

· Selatan berbatasan dengan Srilanka yang dibatasi oleh Samudera Indonesia

· Barat berbatasan dengan Pakistan

· Timur berbatasan dengan Myanmar dan Bangladesh

Peradaban sungai Indus (2500 SM)

· Kebudayaan kuno India ditemukan di kota tertua India yaitu daerah Mohenjodaro dan Harappa.

· Penduduk Mohenjodaro & Harappa adalah bangsa Dravida

· Mohenjodaro dan Harappa merupakan kota tua yang dibangun berdasarkan :

· Perencanaan yang sudah maju

· Rumah-rumah terbuat dari batu-bata

· Jalan raya lurus dan lebar

· Saluran air bagus

· Terdapat hubungan dagang antara Mohenjodaro dan Harappa dengan Sumeria.

Pada abad 16 SM, bangsa Arya (pengembara) datang ke India secara bergelombang dan menetap di dataran rendah Sungai Gangga dan Sungai Yamuna.

Akibat kedatangan bangsa Arya maka penduduk asli menjadi golongan manusia yang paling rendah yaitu kasta Syudra. Pembagian kasta oleh bangsa Arya dimaksudkan supaya tidak terjadi percampuran antara penduduk asli dan bangsa Arya.

Kasta dibagi menjadi 4 srata yaitu :

1) Kasta Brahmana, para pendeta

2) Kasta Ksatrya, Raja dan tentara (Arya)

3) Kasta Waisya, pedagang dan penguasa

4) Kasta Syudra, buruh dan petani

Selain itu terdapat juga Golongan Paria yaitu golongan tanpa kasta yang sangat hina dan menyedihkan.

Konsep Kepercayaan

1) Agama Hindu

· Kepercayaan bangsa Arya adalah Hindu

· Kitab sucinya Weda

· Dewa Terpenting agama Hindu adalah :

· Brahma, dewa pencipta alam

· Wisynu, dewa pemelihara Alam

· Syiwa, dewa perusak alam

· Falsafah Hindu yaitu “Uppanisad” pada intinya membahas hubungan antara Brahman dan Atman. Brahman sumber kesucian dan kebersihan sedangkan Atman adalah manusia

2) Agama Budha

· Lahirnya agama Budha merupakan reaksi terrhadap agama Hindu, yang dipelopori oleh Sidharta Gautama (566-486 SM), anak Shidodana, Raja Kapilawastu Nepal.

· Agama Budha berkembang pesat pada masa Raja Asyoka (3 SM) hingga menyebar ke Srilanka, China, Jepang, Thailand,Kamboja dan Indonesia.

Kesusastraan

Kesusatraan India yang terkenal adalah kisah Mahabrata dan Ramayana, yang berisi tentang perang antara Pandawa dan Kurawa.

Jadi Bangsa Dravida bukanlah berasal dari Bangsa Arya . (lihat Runtuhnya Teori Invasi Bangsa Arya )

 

Kota Asli Bangsa Arya

 
 HeadlineArkeolog berhasil menemukan kota yang diyakini tempat asli ras Arya di mana simbol swastika diadopsi Nazi pada 1930. Tempat ini sangat berpotensi bisa menyaingi Yunani.Arkeolog mengidentifikasi 20 pemukiman berbentuk spiral yang diperkirakan dibangun empat ribu tahun lalu setelah Piramida Agung Mesir.Tempat ini sangat berpotensi bahkan dapat menyaingi Yunani, tempat ini mungkin saja merupakan bagian teka-teki besar yang hilang
Karena tempat ini sangat terpencil, kota menakjubkan ini akan tetap tak dikenal secara virtual bagi orang Eropa hingga sekarang.
Kota ini hampir seukuran kota tua Yunani dan mungkin dihuni oleh 1.000-2.000 orang.

http://wong168.files.wordpress.com/2010/10/gateway-at-harappa1.jpg?w=427&h=274

Teks Indian kuno dan himne yang ditemukan di sana menggambarkan pengorbanan kuda, serta cara kuda tersebut dikubur bersama tuannya.

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: