Skip to content

Xia Barat – Jin – Yuan

Xia Barat (Hanzi: 西夏, hanyu pinyin: Xi Xia) (1038 – 1227) adalah sebuah negara yang didirikan oleh suku asing di sebelah barat Cina, kira-kira di wilayah Ningxia, Republik Rakyat Cina yang sekarang.

Dinasti Jin (Hanzi: 金朝, hanyu pinyin: Jin Chao) (1115 – 1234; sering juga disebut negara Jin) adalah sebuah negara yang didirikan oleh suku Nuzhen di utara Cina. Suku ini merupakan cikal bakal dari suku Manchu yang kemudian mendirikan Dinasti Qing.

Dinasti Yuan (Hanzi: 元朝, hanyu pinyin: yuan chao) (1271 – 1368) adalah satu dari dua dinasti asing di Cina (yang lainnya adalah dinasti Qing). Dinasti asing berarti dinasti yang bukan didirikan oleh orang Han karena di zaman dulu, Han adalah satu-satunya yang dianggap mewakili entitas China. Dinasti ini didirikan oleh Kublai Khan, cucu dari Jenghiz Khan yang mendirikan kekaisaran terbesar dalam sejarah dunia.

Walaupun Kublai Khan secara de-facto adalah pendiri Dinasti Yuan, namun ia menempatkan kakeknya, Jenghiz Khan sebagai kaisar pertama Dinasti Yuan.

Kaisar
 – 1260–1294 Kublai Khan
 – 1333–1370 Ukhaatu Khan

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: