Skip to content

Catatan Sejarah Tiga Negara

Catatan Sejarah Tiga Negara

Catatan Sejarah Tiga Negara (Hanzi: 三国志) adalah sebuah catatan sejarah resmi mengenai Zaman Tiga Negara meliputi periode dari tahun 189 sampai tahun 280 yang disusun oleh Chen Shou pada abad 3 Masehi. Karya tersebut merupakan koleksi dari semua sejarah ke-3 negara bagian yaitu Wei, Wu dan Shu dalam suatu catatan yang kemudian menjadi dasar sebuah roman yang dikenal dengan nama Kisah Tiga Negara.

Catatan sejarah ini menjadi salah satu buku sejarah dari 25 buku sejarah Tiongkok (二十五史). Pada dasarnya, catatan sejarah ini tidak memiliki alur cerita yang bersambung, melainkan menceritakan sejarah setiap negara dan tokoh-tokoh dari negara tersebut dalam bab-bab tersendiri.

Komposisi

Catatan sejarah ini terbagi atas 3 buku, 65 bab:

Buku Wei

Buku Wei (魏書) adalah bagian bab 1-30, jumlah 30 bab, menceritakan tentang negara Cao Wei

Buku Shu

Buku Shu (蜀書) dari bab 31-45, jumlah 15 bab, menceritakan tentang negara Shu Han.

Buku Wu

Buku Wu (吳書) dari bab 46-65, jumlah 20 bab, menceritakan tentang negara Dong Wu.

Cao Wei (Hanzi: 曹魏) (220 – 265) kadang-kadang juga disebut sebagai Bei Wei (Hanzi: 北魏) atau Wei Utara adalah salah satu negara di Zaman Tiga Negara dalam sejarah Tiongkok. Negara ini didirikan oleh Cao Pi dengan peletakan dasar oleh ayahnya, Cao Cao.

Cao Pi menjadi kaisar pertama dengan gelar Wendi (Hanzi: 文帝) pada tahun 220. Seluruhnya ada 5 kaisar yang memimpin negara ini sampai kudeta oleh keluarga Sima dan abolisi negara Cao Wei menjadi Dinasti Jin pada tahun 265.

Sebelum berdirinya negara Cao Wei, penghujung Dinasti Han diwarnai dengan pecahnya perang saudara di antara raja-raja perang. Salah satu raja perang terkuat adalah Cao Cao, yang menyandera Kaisar Xian untuk melegitimasi kedudukannya sebagai perdana menteri.

Cao Cao menumpas satu per satu raja-raja perang kecil di utara Tiongkok. Ia kemudian berhasil mempersatukan utara Tiongkok setelah menaklukkan Yuan Shao dalam Peperangan Guandu.

Shu Han (Hanzi: 蜀漢) (221 – 263) adalah sebuah negara yang didirikan oleh Liu Bei pada tahun 221, Zaman Tiga Negara dalam sejarah Tiongkok. Shu Han mengklaim sebagai penerus Dinasti Han yang diabolisi oleh negara Cao Wei. Liu Bei menjadi kaisar dengan gelar Zhaoliedi (昭烈帝). Dua tahun kemudian Kaisar Zhaolie meninggal dan digantikan oleh sang anak, Liu Chan dengan gelar Houzu (後主).

Kaisar Houzu adalah seorang kaisar yang tidak cakap, 40 tahun kemudian ia menyerah tanpa syarat kepada negara Cao Wei dan zaman Shu Han resmi berakhir.

 Dong Wu (Hanzi: 東吳) (222 – 280) adalah sebuah negara pada Zaman Tiga Negara dalam sejarah Tiongkok. Dong Wu didirikan setelah 2 negara lainnya, Cao Wei dan Shu Han mengklaim sebagai penerus Dinasti Han. Sun Wu didirikan oleh Sun Quan sebagai kaisar pertama dengan gelar Dadi (Hanzi: 大帝). Negara ini menguasai sebagian besar wilayah pesisir di Tiongkok bagian selatan dan tenggara atau yang kita kenal sekarang sebagai daerah Jiangnan (Hanzi: 江南, bahasa Minnan: kanglam).

Ada 4 kaisar yang memimpin negara ini sampai pada penaklukannya oleh Dinasti Jin dari utara.

 

 

One Comment
  1. Makasih mas,,Membantu sekali..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: