Skip to content

Zaman Azuchi-Momoyama

Zaman Azuchi-Momoyama

Zaman Azuchi-Momoyama (安土桃山時代, azuchi momoyama jidai?) (sekitar tahun 1573 sampai 1603) adalah salah satu pembagian periode dalam sejarah Jepang yang dimulai sejak Oda Nobunaga dan Toyotomi Hideyoshi menjadi penguasa Jepang dan berakhir ketika Tokugawa Ieyasu berhasil mengalahkan pasukan pendukung Toyotomi Hideyori dalam Pertempuran Sekigahara tahun 1600.

Zaman ini disebut juga zaman Shokuhō (織豊時代, shokuhō jidai?) yang penamaannya diambil dari aksara kanji nama keluarga Oda Nobunaga (織 untuk “Shoku”) dan aksara kanji nama keluarga Toyotomi Hideyoshi (豊 untuk “Hō”).

Oda Nobunaga tinggal di Istana Azuchi (sekarang Prefektur Shiga) sedangkan Toyotomi Hideyoshi tinggal di Istana Fushimi (Kyoto) yang disebut juga sebagai Istana Momoyama sehingga zaman ini disebut zaman Azuchi-Momoyama. Pusat pemerintahan Toyotomi Hideyoshi berada di Istana Osaka sehingga ada pendapat yang mengatakan zaman kekuasaan Hideyoshi sebenarnya harus disebut sebagai zaman Osaka (大坂時代, ōsaka jidai?).

Pendapat lain mengatakan zaman Azuchi-Momoyama tidak pernah ada pembagian periode dalam sejarah Jepang, zaman Muromachi diikuti zaman Sengoku dan dilanjutkan dengan zaman Edo.

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: